Penerang Jalan Utama Tenaga Surya

Kementrian ESDM Serahkan 350 Lampu PJUTS Kepada Pemkab Langkat

Daerah

Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) kembali menyerahkan Lampu Penerangan Jalan Utama Tenaga Surya (PJUTS) kepada pemerintah daerah. Kali ini, Pemerintah Kabupaten Langkat menerima 350 lampu PJUTS.

Serah terima lampu PJUTS ini dilakukan oleh Direktur perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur EBTKE, Senda Hurmuzam Kanam, di Desa Pantai Gading. Kecamatan Secanggang, Kabupaten Langkat.

“Pemasangan lampu surya di kabupaten Langkat merupakan aspirasi dari anggota komisi VII DPR RI, Bapak Nasril Bahar. Ini adalah bukti komitmen pemerintah dan DPR RI untuk terus membangun infrastruktur berbasis energi terbarukan melalui program PJUTS,” ujar Senda di Kabupaten Langkat, Sabtu (23/06).

Komitmen Terhadap Energi Bersih

Senda menjelaskan bahwa program PJUTS ini sepenuhnya menggunakan anggaran negara, dengan tujuan meningkatkan pemanfaatan energi bersih serta mendukung perekonomian masyarakat dan daerah.

“Pemasangan PJUTS ini menggunakan APBN tahun 2023. Dengan adanya lampu surya di jalan-jalan umum perdesaan Langkat, kami berharap bisa mendukung aktivitas masyarakat pada malam hari dan mendorong perekonomian setempat. Selain itu, ini juga menjadi solusi penerangan di daerah yang sulit dijangkau jaringan PLN serta membantu penghematan pengeluaran daerah,” kata Senda.

Dengan adanya penyesuaian tarif untuk golongan tarif Penerangan Jalan Umum (P3), pemasangan PJUTS sangan bermanfaat bagi pemerintah daerah dalam menghemat pengeluaran Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang berasal dari pajak penerangan jalan. Senda juga berpesan agar pemerintah daerah dan masyarakat menjaga lampu surya ini dengan baik.

“Kami berharap pemerintah daerah dan masyarakat menjaga keberadaan lampu surya ini agar manfaatnya bisa dirasakan lebih lama. Jika ada kendala atau kerusakan komponen, silahkan dilaporkan kepada kami,” tambah Senda.

Dukungan dari Berbagai Pihak

Nasril Bahar menambahkan bahwa keberadaan PJUTS sangat membantu masyarakat, terutama di daerah Langkat yang sering mengalami pemadaman listrik. Ia berharap masyarakat dapat merawat PJUTS ini dengan baik.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Kabupaten Langkat, Mulyono, juga menghimbau masyarakat untuk menjaga dan memelihara PJUTS agar manfaatnya bisa dirasakan lebih lama.

Kepala Desa Pantai Gading, Aryanto, mengapresiasi pemasngan PJUTS di daerahnya dan berharap program ini terus berkelanjutan agar lebih banyak daerah bisa menikmati manfaatnya.

Pemasangan PJUTS di Seluruh Indonesia

Sebagai informasi, sejak tahun 2022 hingga 2023, Kabupaten Langkat telah menerima 524 unit PJUTS dari aspirasi Nasril Bahar.

Secara nasional, hingga tahun 2023, PJUTS yang telah terpasang mencapai 23.506 unit, yang setara dengan menerangi jalan sepanjang 1.152 km di 31 provinsi di Indonesia. Sejak tahun anggaran 2015 hingga 2023, Kementrian ESDM melalui Ditjen EBTKE telah memasang 135.719 unit PJUTS, yang setara dengan menerangi jalan sepanjang 6.785 km.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *